Transmisi manual adalah transmisi yang perpindahan giginya / perubahan kecepatan putarannya di lakukan dg tangan melalui tuas2 pemindah.Transmisi manual lebih mudah perawatannya sehingga lebih banyak digunakan dibanding transmisi otomatis.
Komponen Transmisi Manual
1.Transmision Input Shaft( poros input transmisi).
Sebuah poros dioperasikan dg kopling yang memutar gigi di dalam gear box.
2.Transmision Gear (gigi transmisi).
Untuk mengubah output gaya torsi yang meninggalkan transmisi.
3.Synchronizer (gigi penyesuai).
Komponen transmisi yang memungkinkan perpindahan gigi pada mesin bekerja/hidup.
4.Shift Fork (garpu pemindah).
Batang untuk memindah gigi/synchronizer pada porosnya sehingga memungkinkan gigi untuk dipasang/dipindah.
5.Shift Linkage (tuas penghubung).
Batang/tuas yang menghubungkan tuas persneleng dg shift fork.
6.Gear Shift Lever (tuas pemindah persneleng).
Tuas yang memungkinkan sopir memindah gigi transmisi.
7.Transmission Case (bak transmisi).
Sebagai dudukan bearing transmisi dan poros2 serta sebagai wadah oli/minyak transmisi.
8.Output Shaft (poros output).
Poros yang mentransfer torsi & transmisi ke gigi terakhir.
9.Bearing (bantala/klaker).
Mengurangi gesekan antara permukaan benda yang berputar di dalam sistem transmisi.
10.Extension Housing (pemanjangan bak).
Melingkupi poros output transmisi dan menahan seal oli belakang serta menyokong poros output.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar