Baca lebih dahulu : Komponen-komponen Rem Tromol
Rem cakram atau rem piringan mempunyai 3 komponen utama, yaitu :
1. Piringan
Piringan/Cakram (disc rotor) biasanya terbuat dari besi tuang, ada
beberapa bentuk dari disc rotor ini yaitu tipe solid (padat), dan tipe
berlubang-lubang (ventilasi) serta tipe solid dengan tambahan tromol.
Tipe ventilasi terdiri dari pasangan piringan yang berlubang yang
berfungsi agar pendinginan pada rem cakram dapat maximal, untuk mencegah
fading dan menjamin umur pad lebih panjang dan tahan lama.
Tipe Piringan (Cakram) |
2. Pad Rem
Pad (disc pad) atau orang bengkel orang bengkel biasa menyebutnya kampas rem merupakan komponen pada rem
cakram yang berfungsi bersama sama dengan piringan (cakram) dan saling
bergesekan untuk menghasilkan daya pengereman. Pada umunya pad ini
dibuat dari campuran metalic fiber ditambah sedikit serbuk besi, untuk
pad jenis ini biasa disebut dengan "Semi Metallic Disc Pad".
Ada dua tipe pad, yaitu pad dengan celah dan pad tanpa celah. Celah pada
bagian tengah pad ini berfungsi sebagai indikator ketebalan pad yang
diijinkan, jadi ketika permukaan pada sudah rata atau tidak terdapat
celah lagi maka pad perlu diganti karena sudah aus. Pada sebagian pad,
terdapat komponen metaliic plate atau anti squal shim yang dipasang
dengan tujuan untuk mencegah terjadinya bunyi saat berlangsungnya
pengereman.
Pad Rem |
3. Caliper
Caliper juga disebut dengan cylinder body, caliper ini merupakan
komponen yang tidak bergerak dari rem cakram. Caliper ini memegang piston-piston
dan dilengkapi dengan saluran dimana minyak rem disalurkan ke silinder.
Ketika rem diinjak atau di operasikan maka minyak dari master silinder
akan menekan piston pada caliper, dan piston tersebut akan terdorong dan
menekan pad yang akhirnya akan bersentuhan dengan cakram (piringan),
terjadilah pengereman. Caliper menurut jenis pemasangannya dapat
dikelompokkan menjadi 2, yakni Tipe Fixed Caliper (Double Piston) dan
Tipe Floating Caliper (Singgle Piston). Untuk lebih detailnya silahkan
saja baca artikel yang pernah saya buat di : Tipe-tipe Caliper Rem Cakram
Tidak ada komentar:
Posting Komentar